Kamis, 08 Desember 2011

Yogyakarta Dibanjiri Wisatawan


Yogyakarta Dibanjiri Wisatawan

Yogyakarta Dibanjiri Wisatawan

Yogyakarta
Yogyakarta Dibanjiri Wisatawan – Banyak wisatawan yang sebelumnya ingin berwisata ke Thailand memilih belok ke Indonesia dan mengunjungi Obyek Wisata salah satu nya Yogyajarta ini.Akibat banjir yang melanda Thailand sampai saat ini belum surut membuat para wiasatawan masuk ke Indonesia, namun sangat berdampak sangat positif bagi dunia pariwisata di Indonesia seperti Bali maupun Yogyakarta.
Pasalnya banyak wisatawan yang sebelumnya ingin berwisata ke Thailand memilih beralih ke dua kota tersebut.Ketua Badan Promosi dan Pariwisata Kota Yogyakarta, Deddy Pranowo Eryono menyatakan, Thailand merupakan tujuan favorit wisata baik
domestik maupun luar negeri, sehingga ketika terjadi bencana seperti bencana banjir yang terjadi saat ini, banyak wisatawan asing yang mengalihkan tujuannya ke Bali atau Yogyakarta.

Meski angka kenaikannya belum dapat dihitung secara matematis namun pasti jumlah kunjungan wisatawan asing ke Yogyakarta juga mengalami peningkatan, dapat terlihat sampai hari ini 12 November 2011
Pelaku wisata di Yogyakarta juga menggandeng travel agen dari Thailand yang mengalihkan kunjungan wisatanya ke Yogyakarta. Kerjasama antar travel agen dengan semua negara sangat perlu dan akan saling menguntungkan.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) DIY, Tazbir Abdullah mengatakan, akibat kejadian bencana alam di Thailand tentunya akan ada pengalihan kunjungan wisatawan dari luar negeri ke beberapa negara lain seperti Indonesia. Dan Yogyakarta merupakan salah satu tempat favorit untuk dikunjungi selain pulau
Bali.

“Tentu ada peningkatan terhadap kunjungan wisatawan. Namun demikian kami prihatin terhadap bencana alam banjir yang saat ini melanda Thailand,” ujarnya singkat.
Yogyakarta
Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) adalah Daerah Istimewa setingkat Provinsi di Indonesia yang meliputi Negara Kesultanan Yogyakarta dan Negara Kadipaten Paku Alaman. Daerah Istimewa Yogyakarta yang terletak di bagian selatan Pulau Jawa bagian tengah dan berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah dan Samudera Hindia. Daerah Istimewa yang memiliki luas 3.185,80 km2 ini terdiri atas satu kota dan empat kabupaten, yang terbagi lagi menjadi 78 kecamatan dan 438 desa/kelurahan. Menurut sensus penduduk 2010 memiliki jumlah penduduk 3.452.390 jiwa dengan proporsi 1.705.404 laki-laki dan 1.746.986 perempuan, serta memiliki kepadatan penduduk sebesar 1.084 jiwa per km2.
Dasar filosofi pembangunan daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta adalah Hamemayu Hayuning Bawana, sebagai cita-cita luhur untuk menyempurnakan tata nilai kehidupan masyarakat Yogyakarta berdasarkan nilai budaya daerah yang perlu dilestarikan dan dikembangkan.
Visi Yogyakarta
Terwujudnya pembangunan Regional sebagai wahana menuju pada kondisi Daerah Istimewa Yogyakarta pada Tahun 2020 sebagai pusat pendidikan, budaya dan Daerah tujuan wisata terkemuka, dalam lingkungan masyarakat yang maju, mandiri, sejahtera lahir batin didukung oleh nilai-nilai kejuangan dan pemerintah yang bersih dalam pemerintahan yang baik dengan mengembangkan Ketahanan Sosial Budaya dan sumberdaya berkelanjutan. Dan Pemerintah Daerah yang katalistik dan masyarakat yang mandiri berbasis kekuatan ekonomi lokal dan sumberdaya manusia yang profesional dan beretika.
Misi Yogyakarta
1. Mengembangkan kualitas sumber daya manusia yang sehat, cerdas, profesional, humanis dan beretika dalam mendukung terwujudnya budaya yang adiluhung.
2. Menguatkan fondasi kelembagaan dan memantapkan struktur ekonomi daerah berbasis pariwisata yang didukung potensi lokal dengan semangat kerakyatan menuju masyarakat yang sejahtera.
3. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas tata kelola pemerintahan yang berbasis Good Governance.
4. Memantapkan prasarana dan sarana daerah dalam upaya meningkatkan pelayanan publik.

Daftar Obyek Wisata Yogyakarta
* Malioboro
* Kebun Binatang Gembira Loka
* Istana Air Taman Sari
* Monumen Jogja Kembali
* Museum Keraton Yogyakarta
* Museum Sonobudoyo
* Lereng Merapi
* Pemakaman Imogiri
* Kaliurang
* Pantai Parangtritis
* Pantai Baron
* Pantai Samas
* Goa Selarong
* Candi Prambanan
* Candi Kalasan
* Kraton Ratu Boko
* Pasar Seni gabusan Bantul
* Kerajinan kulit Manding Bantul
* angkringan dengan menu khas mahasiswa,
* Bakmi godhog di Pojok Beteng,
* sate kelinci di Kaliurang plus jadah Mbah Carik,
* sate karang Kotagedhe,
* sego abang Njirak Gunung Kidul.
* Sate Klathak Wonokromo.
* Bakmi Pundong atau mie Jawa
* Bakmi pak Mo Code Bantul
* Bakmi Gilang Bantul

Tidak ada komentar:

Posting Komentar