Jumat, 09 Desember 2011

jogjakarta tompo dulu hingga sekarang

Pesanggrahan ambarbinangun1895





Kartupos diterbitkan H. Buning dari Jocjakarta ini memperlihatkan panorama mengarah ke utara di perempatan Ngabean (kini Jl Ahmad Dahlan), Kampementsstraat (Jl Tangsi, kini Jl Senopati), Residentielaan (kini Jl A. Yani) dan Kadasterstraat (kini Jl Trikora). Fotografer berdiri ujung utara Kadasterstraat. Gedung di sebalah kiri adalah bagian dari gedung perkumpulan “Societeit De Vereeniging” yang dibangun pada tahun 1912. Di tangah foto terlihat pohon beringin besar yang sekarang sudah hilang.

Lurus: Kampementsstraat (Jl Tangsi, kini Jl Senopati)
Balik: Ngabean (kini Jl Ahmad Dahlan)
Kiri: Residentielaan (kini Jl A. Yani)
Kanan: Kadasterstraat (kini Jl Trikora)



Kantor Pos Yogyakarta 2008. Semua pohon besar sudah hilang










Transportasi tempodulu di djoejakarta
Gerobak punah


Rumah desa jamandulu


Tamansari_1935

 taman sari tempo doeloe
 tamansari 1881




 tamansari yang sekarang





TAMAN SARI

Satu landmark yang pantas deh buat dikunjungi. .
Bertempat di selatan Kraton Yogyakarta, dan di kompleks pasar Ngasem (pasar hewan). .
Menurut bapak-bapak guide yang kami temui taman sari berdiri pada tahun 1757 dibangun oleh Sultan Hamengku Buwono I . . dan didirikan oleh pemerintahan Kerajaan Kraton. . Taman Sari pada mulanya dibuat untuk pemandian dan istirahatnya para puteri kraton ( asik tu nek bisa liat puteri2 lagi pada mandi ). .
Ga banyak informasi yang kita dapat disini, oiya Taman Sari juga disebut-sebut sebagai Segaran atau Laut buatan dalam bahasa Jawa. .
Di sini terdapat pula Sumur Gumuling yang dulinya adalah tempat Sultan melakukan Sholat yang dapat dicapai melaui salaha satu lorong bawah tanah, yang katanya dulunya juga menjadi tempat penyelamatan bilamana sewaktu-waktu kompleks ini mendapat serangan musuh.

Tarif resmi masuk melaui pintu gerbang utama kita harus membayar Rp 2.500,00 untuk Domestik dan Rp 5.000,00 untuk Wisman. . Buka setiap hari pukul 9:00 – 15.30 pm.
Untuk bisa masuk ke kompleks Taman Sari memang gratis bisa melalui 2 pintu ( sebenernya bisa lewat mana aja banyak jalan dan pintu ) sebelah utara di parkiran pasar Ngasem dan sebelah Timur di parkiran utama. Oiya sekedar informasi biaya parkir Rp. 2.000-5.000 utk motor dan mobil.
Tempat ni wajib dikunjungi banget buat kamu yang suka fotografi (narsis) baguz tu dijadiin background, tempatnya emang udah ancur tp masih meninggalkan situs yang bernilai seni. . seperti tembok yang retak-retak, berlumut, pokoke udah ancurlah. . Arsitekturnya pun tak kalah asik bergaya Jawa Portugis cuy. . . tp disisi lain taman sari juga menawarkan tempat yang amat terawat di bagian pintu masuk sebelah timur sebelum memasuki kawasan pemandian puteri. . dan tempat pemandiannya pun masih terawat dan uniknya di bagian pemandian ini kamu bakal ngrasain atmosfer yang berbeda ga seperti tempat lainnya, bersa adem-adem lembab gimana gitu. . . 
Tips dan Trik:
Berkeliling di Taman Sari jika Anda tidak merasa kuat atau cepat capek, Taman Sari memfasilitasi ojek sepeda motor seharga Rp. 5.000,00 ( boleh nawar, harus nawar ). Dan resikonya anda bakal mendapati sepeda yang butut dan apabila ada kerusakan saat di perjalanan Anda diwajibkan membiayai perbaikannya 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar