Minggu, 11 Desember 2011

Wisata Kuliner Pantai Depok, Bantul,Yogyakarta





Yogyakarta memang mempunyai banyak sekali potensi wisata alam, salah satu yang terkenal mungkin adalah wisata pantai. Selama ini yang menjadi icon pantai di Yogyakarta adalah Pantai Parangtritis, walau sebenarnya masih banyak pantai lain yang tidak kalah indahnya dengan Parangtritis, seperti Pantai Depok misalnya. 

Pantai Depok secara administratif masuk wilayah Kabupaten Bantul, tepatnya di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul. Letak Pantai Depok sendiri berdekatan dengan Pantai Parangtritis. 

Selain keindahannya, disini juga terkenal dengan wisata kulinernya, terutama masakan ikan segar yang langsung bisa dibeli setiap kapal nelayan berlabuh, karena di pantai ini juga ada tempat pelelangan ikan (TPI). Selain bisa dibawa pulang, ikan segar yang baru turun dari kapal ini bisa langsung dimasak di tempat, karena di pantai ini banyak berjejer warung yang menyediakan jasa pengolahan ikan. Pantai Depok menyajikan hidangan ikan segar dan sejumlah hasil tangkapan laut lainnya dalam nuansa khas restoran pesisir. 

Nuansa khas warung makan pesisir dan aktivitas nelayan Pantai Depok telah berkembang sejak 10 tahun lalu. Menurut cerita, sekitar tahun 1997, beberapa nelayan yang berasal dari Cilacap menemukan tempat pendaratan yang memadai di Pantai Depok. Para nelayan itu membawa hasil tangkapan yang cukup banyak sehingga menggugah warga Pantai Depok yang umumnya berprofesi sebagai petani lahan pasir untuk ikut menangkap ikan.

Hidangan sea food biasanya dimasak dengan dibakar atau digoreng. Jika ingin memesannya, anda bisa menuju tempat pelelangan ikan untuk memesan ikan atau tangkapan laut yang lain. Setelah itu, anda biasanya akan diantar menuju salah satu warung makan yang ada di pantai itu oleh salah seorang warga. Tak perlu khawatir akan harga mahal, karena semua yang dijual di Pantai depok ini relatif murah.

Puas menikmati hidangan sea food, anda bisa keluar pantai dan berbelok ke kanan menuju arah Parangkusumo dan Parangtritis. Di sana, anda akan menjumpai pemandangan alam yang langka dan menakjubkan, yaitu gumuk pasir. Gumuk pasir yang ada di pantai ini adalah satu-satunya di kawasan Asia Tenggara dan merupakan suatu fenomena yang jarang dijumpai di wilayah tropis. Di sini, anda bisa menikmati hamparan pasir luas, bagai di sebuah gurun.

Gumuk pasir yang terdapat di dekat Pantai Depok terbentuk selama ribuan tahun lewat proses yang cukup unik. Dahulu, ada beragam tipe yang terbentuk, yaitu barchan dune, comb dune, parabolic dune dan longitudinal dune. Saat ini hanya beberapa saja yang tedapat, yaitu barchan dan longitudinal. Angin laut dan bukit terjal di sebelah timur menerbangkan pasir hasil aktivitas Merapi yang terendap di dekat sungai menuju daratan, membentuk bukit pasir atau gumuk.

Jika Anda ingin berwisata bahari sambil menikmati kuliner sea food yang murah? Silakan mampir ke Pantai Depok ini.
Selamat berwisata… ^_^



Depok, Tempat Wisata Kuliner Seafood Terbaik 

di Yogyakarta


Pantai Depok, Bantul, Yogyakarta

Pantai Depok, Bantul,
Yogyakarta

Jika orang Jakarta memiliki Muara Karang, tempat untuk menikmati berbagai hidangan seafood yang segar maka orang Yogyakarta memiliki Depok, sebuah pantai yang di design oleh pemerintah setempat menjadi tempat wisata kuliner khususnya seafood.
Seafood di Pantai Depok
Seafood di Pantai Depok

Pantai yang terletak bersebelahan dengan pantai Parangtritis ini, menyajikan berbagai jenis ikan laut segar mulai dari ikan tongkol, ikan kakap merah, ikan bawal hingga ke udang-udangan, kerang, kepiting dan tentunya si tinta hitam cumi-cumi. Pantai Depok terletak di sebelah selatan Yogyakarta, sekitar 25 hingga 30 km dari kota Yogyakarta atu sekitar 1 jam waktu tempuhnya dari kota Yogyakarta.
Pada mulanya pantai Depok merupakan pantai kecil yang tidak terkenal di Yogyakarta apalagi letaknya yang bersebelahan dengan pantai Parangtritis membuat pantai ini kalah pamor. Namun pada tahun 1997, datanglah nelayan dari Cilacap yang menjadikan Depok sebagai tempat yang paling tepat untuk mendaratkan hasil tangkapan mereka setelah melaut. Mulailah terjadi jual beli ikan di pantai ini yang menarik minat penduduk sekitar pantai Depok. Para nelayan Cilacap inilah yang akhirnya menginspirasi orang-orang di sekitar pantai Depok untuk turut serta melaut dan meninggalkan pekerjaan mereka sebagai petani.
Kini Depok telah berkembang pesat menjadi daerah wisata kuliner seafood yang paling terkenal di Yogyakarta. Kini Depok bukan hanya tempat untuk jual beli seafood namun juga tempat untuk menyantap hidangan seafood yang menggiurkan. Anda dapat membeli seafood di jajaran kios para penjual seafood segar kemudian membawanya ke warung-warung yang akan memasak seafood anda sesuai selera, mulai dari di bakar, di goreng hingga asam manis dan saus tiram.
Kios Penjual Seafood Pantai Depok
Kios Penjual Seafood Pantai Depok

Kios-kios penjual ikan laut dan seafood segar lainnya berjajar rapi di bagian tengah pantai ini, tepat setelah anda memparkirkan kendaraan anda. Di sini anda dapat memilih berbagai jenis ikan laut, cumi, udang, kepiting  dan kerang sesuai selera anda. Harganya pun relatif murah seperti pada bulan September 2009, bulan dimana ikan jarang sehingga harganya menjadi lebih mahal, harga udang sekitar RP 27.000/KG, harga cumi Rp 30.000/KG dan bahkan ada pula harga ikan yang hanya Rp 15.000/KG. Ketika anda membeli di sini, jangan lupa untuk menawar karena harga yang diberikan pedagang biasanya lebih mahal.
Biasanya pada saat anda melakukan tawar-menawar dengan penjual ikan maka ada orang dari warung-warung sekitar pantai yang akan mengikuti anda terus menerus dan menawarkan jasa memasak seafood anda. Orang-orang ini memang ditugaskan untuk mencari pelanggan bagi puluhan warung yang berjajar di pantai Depok.
Warung di Pantai Depok
Warung di Pantai Depok

Setelah anda membeli maka anda dapat mengikuti orang yang menawarkan jasa memasak atau memilih sendiri warung yang anda inginkan. Jika anda memilih sendiri warung yang anda inginkan maka pilihlah warung yang terletak di pinggir pantai sehingga anda dapat menikmati deburan ombak sambil menunggu makanan anda matang. Biasa waktu yang dibutuhkan untuk menyiapkan makanan cukup lama, dari 1 hingga 2 jam, tergantung pada jumlah pesanan masakan yang ada. Oleh karena itu, jangan lupa menyiapkan cemilan ringan atau serangkaian aktivitas sambil menunggu masakan anda tersaji.
Tertarik untuk datang ke pantai wisata kuliner seafood ini? Anda tak perlu khawatir karena harga di sini relatif murah, berbeda jika di bandingkan dengan harga seafood di Muara Karang apalagi jika dibandingkan dengan harga seafood di pantai Jimbaran Bali.
Jika anda sedang berada di Yogyakarta, anda tinggal memacu kendaraan anda menuju ke jalan parangtritis. Tak masalah anda menggunakan sepeda motor atau mobil pribadi karena jarak pantai ini tidaklah terlalu jauh dari Kota Yogyakarta, lagi pula anda dapat memandang hamparan persawahan yang menyejukkan ketika anda memasuki wilayah kabupaten Bantul.
Setelah sampai di jalan parangtritis maka ikutilah terus jalan ini tanpa berbelok hingga 25 KM ke selatan kemudian sebelum tempat pemungutan retribusi pantai parangtritis, berbeloklah ke kanan dan ikuti jalan ini hingga menemukan pintu gerbang pantai Depok. Di sini petugas akan menarik retribusi sekitar Rp 2500/orang.
Hidangan Seafood ala Depok


  1. Hidangan Seafood ala Depok
Setelah pulang dari pantai Depok, anda dapat melanjutkan perjalanan ke pantai Parangtritis atau ke pantai Parang kusumo. Kedua pantai ini cukup eksotis dan menjanjikan pengalaman yang luar biasa untuk anda setelah kenyang menyantap sajian seafood nan lezat di pantai Depok. Tidak percaya? Silahkan datang dan buktikan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar