Jumat, 30 Desember 2011

Tour to Goa Kreo


Tempat Wisata Semarang Obyek Wisata Semarang Dan Sekitarnya 
Kota Semarang sebagai ibukota provinsi jawa tengah memiliki potensi wisata yang menarik mulai dari wisata alam, wisata kuliner hingga wisata sejarah. Yang menarik dari kota Semarang adalah adanya sebutan untuk kota atas dan kota bawah. Kota atas merupakan kota dengan daerah lebih tinggi atau pegunungan sedangkan kota bawah meliputi daerah yang dekat dengan kawasan pesisir atau pantai.


Buat Anda yang ingin mengetahui informasi tentang tempat wisata Semarang dan sekitarnya seperti obyek wisata yang ada di kabupaten semarang berikut ini daftar obyek wisata yang ada di Semarang dan sekitarnya :


Simpang Lima







Simpang Lima Semarang
Simpang Lima terletak di jantung kota Semarang. Tempat ini juga menjadi salah satu ciri dari kota Semarang, dekat dengan pusat jajan oleh oleh khas Semarang yaitu Jl pandanaran. Banyak mall pusat perbelanjaan, dan hotel serta sebagai salah satu kawasan yang ramai dan sering menjadi tujuan warga masyarakat semarang yang ingin jalan jalan, menikmati malam minggu, dan cari hiburan. Waktu yang tepat untuk datang ke simpang lima adalah malam minggu, karena di lapangan alun alun simpang lima selalu ramai, di penuhi pedagang di sepanjang bundaran simpang lima. Waktu pagi hari atau subuh simpang lima juga di padati warga semarang untuk jalan-jalan atau jogging


Tugu Muda, Lawang Sewu, Museum Mandala Bakti
Letak ketiga tempat ini saling berhadap hadapan. Tugu Muda di tengah, sebelah selatan lawang Sewu dan sebelah utara Museum Mandala Bakti dan tidak jauh dari Simpang Lima. Tugu Muda merupakan monumen untuk mengenang jaman perjuangan warga Semarang melawan penjajahan Jepang. Peristiwa ini di dikenal sebagai pertempuran selama lima hari di kota Semarang. Pada kaki monumen Tugu Muda terdapat relief yang menggambarkan bagaimana kesengsaraan yang dialami rakyat Indonesia pada masa jaman penjajahan Jepang, seperti relief Hongeroedem, relief pertempuran, relief penyerangan, relief korban dan relief kenangan. Museum Mandala Bakti merupakan museum perjuangan ABRI, museum ini banyak menyimpan berbagai koleksi benda tentang data, sejarah, dokumentasi serta senjata-senjata baik tradisional maupun modern serta peralatan yang digunakan dalam perang saat mempertahankan kemerdekaan.


Taman Budaya Raden Saleh Semarang
Dulu Tempat ini merupakan Taman Hiburan Rakyat dan sebagai kebun binatang di kota Semarang. Namun kebun binatangnya kini telah di pindah di depan terminal bus Mangkang. Di Taman Budaya Raden Saleh ada tempat untuk rekreasi keluarga yaitu Wonderia. Aneka permainan seperti jet coster, pementasan musik, serta permainan lainnya tersedia di sini ( kaya Dufan Ancol ) 


Pantai Marina Semarang
Tempat wisata Pantai Marina merupakan tempat rekreasi berupa kolam renang dengan pemandangan pantai dan lokasinya terletak di kawasan pantai Semarang. Tersedia fasilitas kolam renang, taman bermain, gazebo, lapangan volley pantai dan rekreasi air.   Baca juga Hotel Penginapan Murah di Semarang dan makanan khas Semarang


Candi Gedong Songo





Candi Gedong Songo Kabupaten Semarang
Obyek wisata Candi Gedong Songo merupakan komplek bangunan candi dari peninggalan budaya Hindu yang lokasinya terletak di Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, dan lokasi berada di lereng Gunung Ungaran yang memiliki hawa sejuk. Di kompleks candi Gedong Songo ini terdapat sembilan buah candi.


Jika Anda akan melihat candi yang satu dengan candi lainnya Anda harus menyusui jalan mendaki dengan panorama pemandangan alam yang sangat indah. Di sini juga di sewakan kuda buat pengunjung yang ingin mengelilingi tempat wisata ini. Terdapat kolam renang dan pemandian air hangat.


Bandungan Kabupaten Semarang
Bandungan merupakan sebuah nama kecamatan yang ada di Kabupaten Semarang. Pemandangan alamnya yang sangat indah dan sering di kunjungi sebagai tempat wisata dan tidak jauh dari Candi Gedong Songo. Di bandungan terdapat objek wisata yang sangat menarik seperti yang ada di daerah Sidomukti, yaitu terdapat arena outbond yang menantang dan pemandangannya indah. Untuk menuju ke obyek wisata Bandungan ini, Anda akan melewati jalan-jalan yang berbelok-belok, cukup curam tapi di sekelingnya pemandangan yang indah. Banyak terdapat sawah-sawah serta kebun sayuran, buah-buahan, dan lainnya. Bandungan juga terkenal sebagai tempat penjualan sayur mayur serta buah buahan segar serta bunga. Di sini juga banyak lokasi pemancingan dan sering di padati pengunjung. Fasilitas penginapan dan hotel juga banyak terdapat di Bandungan sehingga kalau wisatawan ingin menginap jangan khawatir.
Gunung Ungaran yang sedang berkabut, pemandangan eksotis yang menggetarkan jiwa namun menyejukkan hati para wisatawan.
Indahnya hutan dengan berbagai pohon pinus yang hijau menawan
Sawah hijau menghampar seluas mata memandang, menambah sejuk suasana.




Goa Kreo Semarang  




GOA KREO. Menurut kepercayaan masyarakat setempat Goa kreo adalah sebuah goa yang dipercaya sebagai petilasan Kanjeng Sunan Kali Jaga saat mencari kayu jati yang akan digunakan untuk pembangunan Masjid Agung Demak. Ketika itu menerut legenda saat sedang mencari kayu jati Sunan Kali Jaga ketemu dengan sekawanan kera yang kemudian disuruh menjaga kayu jati tersebut.Kata Kreo sendiri berasal dari kata Mangreho yang mempunyai arti jagalah atau peliharalah. Dari kata inilah kemudian goa ini diberinama Goa Kreo. Dan mulai sejak itulah sekawanan kera menjadi penunggu goa kreo sampai sekarang.





Jalan Arah Memasuki Goa Kreo





Di tangga inilah para pengunjung akan disambut oleh para kera yang sudah jinak





Sekawanan kera penunggu Goa Kreo





Selain dapat menikmati pemandangan yang indah, udara yang sejuk serta bermain dan bercanda dengan kera penunggu Goa kreo ini, para pengunjung juga bisa menikmati  aliran sungai yang dingin dan segar di bagian bawah daerah ini.





Tour to Goa Kreo 
Kreo Goa is a tourist place in Semarang. Goa Tourism Regions Kreo a forest area of  ± 5 acres located in the hills (Mount Krincing) and Kreo River valley, precisely in Hamlet Village Talun Nuts Kandri Mijen District. Distance locations around  ± 13 km from the roundabout to the south Tugu Muda.
 

Goa Kreo believed to be the ruins of Sunan Kalijaga when looking for teak wood to build the Great Mosque of Demak. According to legend Sunan Kalijaga met with a flock of monkeys who then told to keep the teak wood.
The word "Kreo" comes from the word "Mangreho" meaning guard or a guard. Goa Sightseeing Kreo every day from 6:00 to 18:00 hours. Around Goa Kreo have a wide expanse of paddy fields, steep cliffs full of trees and clear rocky streams.
 

There are two things yag main attraction of this tourist area. First, the cave is a nest of dozens of wild monkeys. i here we can find dozens of monkeys that roam freely. If lucky, visitors can see wild monkeys, but tame. Second, in this area there is also a small waterfall that clear. Visitors can play games and enjoy the cool air freely. A view of the difficult encounter in the big city.
To reach the cave mouth, visitors must pass through a lot of stairs and steep. Next to North Goa there Kreo waterfall originating from various sources of clear water and not dry despite the long dry season. Besides having beautiful scenery Kreo Goa also features other facilities such as children's playground swing, etc sled.



Goa Kreo Semarang
 

Obyek wisata alam Goa Kreo terletak di Dukuh Talun Kacang, Kelurahan Kandri Kecamatan Gunungpati + 13 km dari Tugumuda ke arah Selatan, berada di lereng bukit dengan ketinggian 350 di atas permukaan air laut. Dibuka untuk umum jam 08.00 s/d 18.00 WIB. 


Pemandangan Sawah Disekitar Goa Kreo ini terdapat hamparan sawah yang luas, tebing-tebing curam penuh pepohonan dan sungai jernih berbatu sehingga tercipta panorama yang indah. 
Untuk mencapai mulut Goa ini harus menuruni anak tangga yang cukup banyak. Goa Kreo adalah sebuah goa yang dipercaya sebagai petilasan Sunan Kalijaga saat mencari kayu jati untuk membangun Mesjid Agung Demak . Ketika itu menurut legenda Sunan Kalijaga bertemu dengan sekawanan kera yang kemudian disuruh menjaga kayu jati tersebut. Kata “Kreo” berasal dari kata Mangreho yang berarti peliharalah atau jagalah. Kata inilah yang kemudian menjadikan goa ini disebut Goa Kreo dan sejak itu kawanan kera yang menghuni kawasan ini dianggap sebagai penunggu.Setiap tanggal 3 Syawal diadakan upacara Sesaji Rewanda. 
Kera-kera Diceritakan pada waktu itu beliau (Sunan Kalijaga ) dibantu empat ekor kera yang konon merupakan cikal bakal kera-kera yang hidup di Goa Kreo, sekarang berjumlah sekitar 300 ekor. 
Disekitar Goa ini juga terdapat rumpun bambu kerincing yang dipercaya tumbuh dari bekas tusuk sate yang disajikan pada saat Sunan Kalijaga mengadakan selamatan. Daun bambu ini berbau daging kambing. 
 
Tanaman Langka Selain bambu kerincing disekitar Goa Kreo tumbuh pula bermacam-macam tanaman langka antara lain : Pohon beracun, sesambi/kucacil, lanji/wilikukur, kepoh atau jangkang, iwil-iwil dan kemloko. 
 
Disebelah Utara Goa Kreo terdapat air terjun yang berasal dari berbagai sumber mata air yang jernih dan tidak mengenal kemarau. Untuk sampai di air terjun ini harus melalui tangga yang curam. 
Disamping memiliki pemandangan yang indah Goa Kreo juga dilengkapi sarana-sarana lain seperti : tempat bermain yang dilengkapi dengan beberapa mainan anak seperti ayunan, papan luncur dll. 









Tidak ada komentar:

Posting Komentar