Rabu, 25 Januari 2012

Nikmati Deburan Ombak Pantai Tambakrejo


Nikmati Deburan Ombak Pantai Tambakrejo

Musim libur lebaran telah tiba, tentu aku manfaatkan untuk berwisata. aku mengunjungi salah satu tempat wisata di Blitar Jawa timur. Pantai Tambakrejo namanya, ya.. salah satu perkampungan nelayan yang ada di selatan Blitar yang menjadi ikon Kabupaten Blitar setelah Taman Makam Bung Karno (TMBK)
Pantai Tambakrejo berada di kecamatan Wonotirto, desa Tambakrejo, Kabupaten Blitar. Untuk bisa mencapai pantai Tambakrejo perjalanan yang aku tempuh kurang lebih 30 km dari pusat kota Blitar. Jalan menuju pantai juga terbilang nyaman, meskipun tidak terlalu lebar jalan sudah ber-aspal. Jalanan berkelok, berbukit, suasana pedesaan, menambah indahnya perjalanan saya. Dan dengan membayar Rp2 ribu/orang anda akan di suguhi keindahan alam yang luar biasa indahnya.
Hamparan pasir putih yang membentang sepanjang satu kilometer, dan debur ombak pantai selatan yang cukup deras seakan kita di manjakan oleh keindahan laut birunya. Buat anda yang datang ke tempat ini dapat melakukan aktifitas seperti mandi di tepi laut, memancing, berjemur, atau hanya menikmati keindahannya. Fasilitas umum di pantai Tambakrejo juga terbilang lengkap, mulai tempat parkir kendaraan, tempat ibadah, air bersih juga tersedia di sana. Pantai ini sangat ramai di kunjungi wisatawan pada musim liburan, akan tetapi tak jarang pula pada hari minggu pun juga bayak yang datang ke pantai ini. Bagi anda yang ingin menginap, di tempat ini tidak ada penginapan. Khusus para pengunjung yang ingin mandi di pantai agar berhati-hati, mengingat ombak laut cukup deras, dan papan peringatan ini sudah terpampang jelas pada saat anda memasuki wilayah pantai.

Pasir Putih Pantai Tambakrejo
Kegiatan tahunan yang di miliki pantai ini adalah setiap bulan Suro, tepatnya 1 Suro (1 Muharam) warga desa setempat melakukan larung sesaji sebagai tanda syukur kepada Tuhan atas rezeki dan keselamatan yang di terima para nelayan desa setempat, memohon agar desa tersebut di jauhkan dari mala bahaya. Pada saat larung sesaji pengunjung berdatangan dari berbagai penjuru daerah bahkan tidak sedikit yang datang dari luar kota, jumlahnya pun bias mencapai ribuan orang.
Jika anda ingin menikmati hasil laut pantai Tambakrejo, anda juga dapat membeli ikan segar dari nelayan yang pulang melaut, jenis ikan yang di tangkap nelayan sangat beragam, ada ikan kakap, tuna, layur, tongkol, dan tak jaarang pula para nelayan membawa ikan hiu. Atau anda ingin menikmati ikan bakar khas Tambakrejo? Anda juga dapat membelinya di pasar ikan yang tempatnya tak jauh dati pantai. Anda bisa menikmati suasana pantai dengan santapan ikan bakar di tepi pantai.

deburan Ombak di Batu Karang
Rute perjalanan dari kota Blitar menuju pantai Tambakrejo adalah menggunakan angkutan umum (angkutan pedesaan). Dari terminal bus kota Blitar naik angkutan pedesaan dengan tujuan Gawang (pantai Tambakrejo). Perjalanan kurang lebih memakan waktu 1-2 jam. Memang agak lama di karenakan angkutan tersebut lebih sering menunggu penumpang selama perjalanan. Angkutan ini beroperasi mulai jam 3 pagi sampai jam 3 sore. Sedangkan dari Gawang (pantai Tambakrejo) angkutan juga sampai dengan jam 3 sore, selepas jam tersebut akan sangat sulit untuk mendapatkan angkutan. Untuk lebih memudahkan nya, anda bisa membawa kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan yang ada di seputaran kota Blitar.
Biaya  Perjalanan :
Surabaya – Blitar : Rp. 18.500,- (Kereta Api)
Surabaya (terminal Purabaya)– Blitar (bus mini, patas) : Rp. 50.000,-
Stasiun Blitar – terminal bus, Blitar (angkot) : Rp. 3.000,-
Terminal Blitar – Gawang, Tambakrejo (angkutan desa) : Rp. 15.000,-
Restribusi masuk wilayah pantai : Rp. 2.000,- / orang


Tidak ada komentar:

Posting Komentar