Kamis, 26 Januari 2012

LETAK GEOGRAFIS


LETAK GEOGRAFIS :
Kecamatan Panceng terletak di wilayah Kab. Gresik bagian utara yang berjarak ± 53 Km dari kota Gresik, adapun sebagian besar wilayah Kec. Panceng merupakan dataran tinggi dengan ketinggian antara 50 - 100 meter diatas permukaan air laut (dpl).

LUAS WILAYAH :
Luas wilayah Kec. Panceng ± 5.273.661 m2 dengan jumlah penduduk yaitu laki-laki : 25.583 dan perempuan : 23.525 dengan total keseluruhan adalah 47.348 jiwa dan sebagian besar wilayah Kec. Panceng merupakan daerah pertanian dan dataran tinggi pegunungan kapur dengan iklim sedang yang berkisar antara 20 s/d 35 ºC.

KEADAAN ALAM :
Wilayah kecamatan panceng dapat dibagi menjadi 2 (dua) bagian wilayah yaitu wilayah pesisir yang terletak di Panceng sebelah utara dengan sebagian besar wilayahnya berupa daerah pantai dan sebagian besar masyarakatnya bermata pencaharian sebagai nelayan sedangkan untuk wilayah Panceng bagian selatan berupa dataran sedang dan tinggi yang sebagian besar masyarakatnya bermata pencaharian sebagai petani.

PENGGUNAAN TANAH :
Penggunaan lahan diwilayah Kec. Panceng sebagian besar berupa lahan pertanian tadah hujan dan daerah pegunungan yang sebagian dimanfaatkan sebagai pertambangan batu kapur sedangkan sisanya berupa lahan pemukiman, perkebunan dan tambak rakyat, selain hal tersebut diatas terdapat juga pengembangan dan pengelolaan objek wisata seperti pantai pasir putih dalegan dan petilasan sunan kalijaga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar